8 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh

shares |

8 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh - Ada banyak macam-macam tanaman disekitar kita yang tumbuh secara liar dan semakin tumbuh subur walaupun tak mendapatkan perawatan. Salah satunya adalah tanaman ciplukan atau disebut juga dengat tanaman cecendet. Mengapa tanaman ciplukan atau cecendet masuk kedalam kategori tanaman liar? sebab selain dapat tumbuh dimana saja seperti disawah, dipinggirin rumah, di dekat selokan, dipinggir sungai dan pastinya setiap ada tanah kosong atau kebun pastilah tanaman cimplukan ini akan ada diantara tanaman-tanaman liar lainnya. Tidak hanya itu, tanaman ini juga tidak membutuhkan banyak perawatan untuk dapat tumbuh dan berbuah. Buah ciplukan ini dapat langsung kita makan dan rasanya agak sedikit masam. 

8 Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan
Buah Ciplukan


Didalam buah ciplukan ini terdapat beberapa kandungan daintaranya adalah vitamin C, tannin, gula alkoloid, asam sitrun, asam malat dan juga fislain. Kandungan yang cukup banyak tersebut membuat buah ciplukan ini mempunyai manfaat yang tidak bisa dianggap remeh oleh kita. Meskipun memang banyak dari kita yang terkadang menyepelekan buah dari tanaman liar ini dan jika kita menjumpai tanaman cecendet yang telah berbuah disekeliling kita, sama sekali kita tidak tertarik untuk memetiknya apalagi untuk memakannya.

Berbeda dengan jenis tanaman liar lainnya, yang terkadang mempunyai kandungan racun didalamnya, tanaman ciplukan ini sangatlah aman untuk kita konsumsi dan dijadikan obat tardisional untuk mengatasi beberapa penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Memanglah rasa dari tanaman cecendet ini amatlah pahit, namun jika kita membutuhkan obat alami untuk mengobati penyakit, tamanan ciplukan ini dapat menjadi salah satu pilihan mudah sebagai solusinya. Penyakit apa saja yang dapat diatasi oleh tanaman ciplukan ini, selengkapnya dapat kita ketahui dengan membaca informasinya dibawah ini.

Manfaat Tanaman Ciplukan Bagi Kesehatan.


1. Mengobati Masalah Peradangan Kulit.

Selanjutnya manfaat tanaman ciplukan untuk kesehatan tubuh kita adalah untuk mengobati masalah peradangan kulit seperti bisul yang tak kunjung sembuh. Untuk melakukan pengobatan bisul menggunakan tanaman ciplukan dapat dilakukan dengan cara:
- Sediakan daun ciplukan secukupnya.
- Bersihkan terlebih dahulu.
- Rebuslah daun cimplukan tersebut.
- Setelah itu tempelkan pada bagian kulit yang mengalami peradangan.

2. Membantu Mengatasi Penyakit Diabetes.

Penyakit seperti diabetes memang kerap terjadi, dan jika tidak segera diatasi pastilah akan berkembang dan mengakibatkan masalah komplikasi dalam tubuh. Untuk itulah jika sampai diabetes ini tak dapat dihindari maka cobalah atasi dengan membuat ramuan herbal berbahan tanaman cecendet. Dalam pembuatan ramuannya cukup mudah yaitu dengan:
- Menyiapkan tanaman cecendet yang sudah berbuah beserta bagian akarnya.
- Cucilah hingga bersih.
- Biarkan beberapa saat sampai tenaman ciplukan ini layu.
- Setelah layu, bisa segera merebusnya dengan 3 gelas air.
- Biarkan sampai mendidih dan airnya menyusut menjadi 1 gelas.
- Setelah agak dingin, saring dan minumlah air tersebut.
- Cukup 1kali dalam sehari.

3. Mengobati Masalah Gusi Berdarah.

Masalah gusi berdarah dapat terjadi pada siapa saja, dan jika biasanya kita mengandalkan obat-obatan berbahan kimia untuk mengatasi masalah gusi berdarah, kini kita bisa menggati obat-obatan tersebut dengan hanya mengkonsumsi buah ciplukan yang terkenal kaya akan kandungan vitamin C. Makanlah setiap hari buah ciplukan sebanyak 20 sampai 30 butir setiap harinya, guna mengurangi permasalahan pada gusi kita. Kandungan vitamin C alaminya, membuat buah ciplukan ini aman untuk kita konsumsi setiap harinya dalam jangka waktu yang lama.

4. Mengobati Tekanan Darah Tinggi.

Masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi yang sangat mengganggu, bisa kita coba atasi dengan ramuan alami dari daun ciplukan. Mudah saja untuk membuat ramuan daun ciplukan ini, yaitu:
- Sediakan 5 gram daun ciplukan dengan 110 ml air.
- Rebusalah hingga mendidih.
- Setelah itu, saring air rebusan tersebut dan dinginkan.
- Minum secara teratur 2 kali sehari untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mengatasi Masalah Borok.

Manfaat tanaman ciplukan untuk kesehatan dapat dibuktikan dengan adanya kegunaanya dalam menyembuhkan masalah kulit seperti borok. Caranya adalah
- Siapkan satu genggam daun ciplukan yang telah dibersihkan.
- 2 sendok air kapur sirih.
- Kemudian tumbuklah daun ciplukan tersebut dicampur dengan air kapur sirih tadi.
- Setelah itu, tempelkan tumbukan daun tersebut pada bagian  yang terdapat borok.

6. Mengobati Influenza.

Sakit flu memang sangatlah mengganggu dan sudah seharusnya wajib diobati. Tanaman ciplukan bermanfaat untuk mengatasi sakit flu, dan cara membuat obat flu dengan ciplukan yaitu:
- Potong-potong tanaman ciplukan sepanjang 4 cm.
- Kemudian jemur dan bungkuslah supaya tidak lembab.
- Ambil potongan tadi sebanyak 15 gram dan rebuslah.
- Saring dan minumlah air resusan tadi 3 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

7. Mengobati Sakit Paru- Paru.

Untuk mengobati sakit paru-paru bisa menggunkan daun daun cimplukan ini, caranya:
- Siapkan tanaman ciplukan dan cucilah.
- Rebuslah memakai 5 gelas air dan tunggu sampai mendidih.
- Saring dan minumlah secara rutin 3 kali sehari.

8. Mengobati Penyakit Ayan.


Tanaman ciplukan ini juga bisa kita ambil manfaatya untuk mengobati penyakit ayan. Caranya juga sangatlah mudah yaitu dengan memakan bagian buah dari tamanan ciplukan ini secara rutin 10 butir setiap harinya.Ingat pilihlah buah ciplukan yang sudah masak ya.

Demikianlah berbagai manfaat buah Ciplukan yang dapat kita gunakan untuk menunjang kesehatan kita. Semoag bermanfaat.




Related Posts